Selasa, 02 Juli 2013

Game : BATMAN CHALENGE


Game : BATMAN CHALENGE
Tugas Kelompok Softskill

oleh :
Wendy Randyka S. (58410475)
Nur Aizat Insan F.  (55410111)
Harun Arosid       (53410169)
  
Game Batman Challenge ini di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman strawberry prolog. Game ini merupakan salah satu bentuk pengembangan dari permainan Matches yang ada pada project game Strawbery Prolog. 

Game ini sangat mudah dimainkan, pada layar akan terdapat sejumlah batarang yang dapat diambil. player hanya diminta untuk menentukan jumlah batarang yang akan diambil, selanjutnya giliran sang batman lah (CPU) yang mengambil jumlah batarang. hingga batarang terakhir dan siapa yang menjadi pengambil terakhirlah yang akan kalah. 

Game ini mengadaptasikan konsep AI (Artificial Intelligence) yang diterapkan pada setiap jalannya sang batman yang menjadi lawan player. Algoritma yang digunakan pada AI di games Batman Challenge ini adalah Algoritma Backtracking menggunakan konsep DFS dalam pembentukan pohon solusi. 
Algoritma backtracking mempunyai prinsip dasar yang sama seperti brute-force yaitu mencoba segala kemungkinan solusi. Perbedaan utamanya adalah pada ide dasarnya, semua solusi dibuat dalam bentuk pohon solusi (pohon ini berbentuk abstrak) dan algoritma akan menelusuri pohon tersebut secaraDFS (depth field search) sampai ditemukan solusi yang layak.Algoritma ini sebenarnya tidak perlu memeriksa semua kemungkinan solusi yang ada, cukup melakukan pencarian yang mengarah ke solusi saja yang selalu dipertimbangkan. Semua kemungkinan solusi yang ada dari persoalan disebut ruang solusi. Untuk memfasilitasi pencarian ini, maka ruang solusi diorganisasikan dalam struktur pohon. Lintasan dari akar ke daun menyatakan solusi yang mungkin. Seluruh lintasan dari akar ke daun membentuk ruang solusi. Untuk menerapkan algoritma runut-balik pada pencarian solusi, hanya akan ditinjau pencarian solusi pada pohon ruang status yang dibangun secara dinamis.

untuk mencoba game ini, dapat anda download di : download di sini !